konsep kurikulum
Konsep Kurikulum
Konsep kurikulum merupakan konsep terpenting dari
penjelasan teori kurikulum. Sebelum membahas lebih jauh tentang konsep kurikulum, ada baiknya kita mengetahui
pengertian dari teori kurikulum. Menurut Suharsimi teori kurikulum adalah suatu perangkat
pernyataan yang memberikan makna terhadap kurikulum sekolah, makna tersebut
terjadi karena adanya penegasan hubungan antara unsur-unsur kurikulum, karena
adanya petunjuk perkembangan/penggunaan dan evaluasi kurikulum. Pada kurikulum
terdapat tujuan pembelajaran yang ingin dicapai sehingga di perlukan
perencanaan pendidikan. Oleh sebab itu kurikulum memuat rencana, pelaksanaan
dan evaluasi pembelajaran yang semua kegiatan tersebut menjadi tanggungjawab
sekolah.
Dalam konsep kurikulum terdapat tiga konsep teori
kurikulum yaitu:
- Kurikulum sebagai substansi
Konsep kurikulum
sebagai substansi menjelaskan tujuan yang ingin dicapai pada pembelajaran
seperti rancangan kegiatan pembelajaran di sekolah. Rencana tersebut disebut juga sebagai kurikulum tertulis. Rencana
pembelajaran mencakup pengembangan bahan ajar, rumusan tujuan pembelajaran,
jadwal pelajaran, kegiatan pembelajaran, pengembangan program dan media
pembelajaran, serta evaluasi.
2. Kurikulum sebagai
sistem
Konsep kurikulum
sebagai sistem menjelaskan tentang hubungan kurikulum dengan berbagai sistem
seperti struktur presonalia, prosedur kerja cara menyusun kurikulum, mengevaluasi,
serta menyempurnakan kurikulum.
3. Kurikulum
sebagai bidang studi
Kurikulum sebgai
bidang studi maksudnya adalah dapat mengembangkan ilmu tentang kurikulum dan
sistem kurikulum. Hal ini merupakan kajian para ahli dalam bidang kurikulum.
Para ahli bidang kurikulum tersebut mempelajari hal-hal baru tentang kurikulum
seperti konsep-konsep kemudian barulah melakukan studi kepustakaan ,penelitian,
dan percobaan untuk mendapatkan hal-hal baru yang berkaitan dengan kurikulum.
0 komentar