konsep kurikulum

by - 8:41 AM


Konsep Kurikulum

            Konsep kurikulum merupakan konsep terpenting dari penjelasan teori kurikulum. Sebelum membahas lebih jauh tentang  konsep kurikulum, ada baiknya kita mengetahui pengertian dari teori kurikulum. Menurut Suharsimi  teori kurikulum adalah suatu perangkat pernyataan yang memberikan makna terhadap kurikulum sekolah, makna tersebut terjadi karena adanya penegasan hubungan antara unsur-unsur kurikulum, karena adanya petunjuk perkembangan/penggunaan dan evaluasi kurikulum. Pada kurikulum terdapat tujuan pembelajaran yang ingin dicapai sehingga di perlukan perencanaan pendidikan. Oleh sebab itu kurikulum memuat rencana, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran yang semua kegiatan tersebut menjadi tanggungjawab sekolah.

Dalam konsep kurikulum terdapat tiga konsep teori kurikulum yaitu:
  1. Kurikulum sebagai substansi

Konsep kurikulum sebagai substansi menjelaskan tujuan yang ingin dicapai pada pembelajaran seperti rancangan kegiatan pembelajaran di sekolah. Rencana tersebut  disebut juga sebagai kurikulum tertulis. Rencana pembelajaran mencakup pengembangan bahan ajar, rumusan tujuan pembelajaran, jadwal pelajaran, kegiatan pembelajaran, pengembangan program dan media pembelajaran, serta evaluasi.

           2.  Kurikulum sebagai sistem

Konsep kurikulum sebagai sistem menjelaskan tentang hubungan kurikulum dengan berbagai sistem seperti struktur presonalia, prosedur kerja cara menyusun kurikulum, mengevaluasi, serta menyempurnakan kurikulum.

            3.   Kurikulum sebagai bidang studi

Kurikulum sebgai bidang studi maksudnya adalah dapat mengembangkan ilmu tentang kurikulum dan sistem kurikulum. Hal ini merupakan kajian para ahli dalam bidang kurikulum. Para ahli bidang kurikulum tersebut mempelajari hal-hal baru tentang kurikulum seperti konsep-konsep kemudian barulah melakukan studi kepustakaan ,penelitian, dan percobaan untuk mendapatkan hal-hal baru yang berkaitan dengan kurikulum.

You May Also Like

0 komentar