Landasan Kurikulum

by - 8:23 AM


Landasan kurikulum

Kurikulum merupakan rencana pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa sehingga lebih mempermudah dalam proses kegiatan pembelajaran. Kurikulum pendidikan harus mempunyai landasan agar dapat mengembangkan kurikulum menuju ke arah kesempurnaan. Landasan kurikulum dipengaruhi oleh pandangan hidup, kultur politik dan juga kebijakan negara dimana kurikulum tersebut berkembang. Pemahaman tentang landasan kurikulum ini selain harus di pahami oleh penyusun kurikulum di tingkat pusat juga harus dapat dipahami juga oleh para pengembang kurikulum di tingkat oprsional yaitu kepala sekolah, guru dan pihak-pihak yang terlibat.
Menurut Sukmadinata, landasan pengembangan kurikulum dikelompokkan dalam 4 jenis  diantaranya :
1    1.   Landasan Filosofis
Filsafat merupakan proses berpikir secara logis, mendalam dan sistematis. Filsafat menjadi salah satu aspek yang sangat penting dalam pendidikan. Untuk mencapai tujuan-tujuan pendidikan diperlukan cara berpikir secara logis, mendalam, dan sistematis untuk merancang tujuan-tujuan yang akan dicapai. Fisafat juga menjadi dasar dalam mengembangkan kurikulum seperti menentukan arah dan tujuan pendidikan, menentukan isi atau bahan pokok materi pendidikan, proses kegiatan pembelajaran, evalusi dan lain-lain. Landasan filosofis pengembangan kurikulum menerangkan tentang cara berpikir secara logis, sistematis, analitis dan mendalam sehingga menghasilkan perencanaan-perencanaan yang di gunakan dalam merancang, melaksanakan, membina dan mengembangkan kurikulum.
Terdapat tiga macam pemikiran filsafat yang berpengaruh pada perkembangan pendidikan diantaranya:
a.       Landasan filosofis Idealisme artinya pendidikan harus dikembangkan sesuai dengan hakikat kemanusiaan dengan cara pembentukan karakter.
b.      Landasan filosofis realisme artinya pendidikan harus dikembangkan secara komperhensif, pendidik harus mengetahui tugas-tugas yang terkait dengan pendidikan. Selain itu penyesuaian diri dan juga tanggung jawab sosial merupakan hal yang penting pada landasan filosofis realisme ini.
c.       Landasan filosofis fragmatis artinya pendidikan diarahkan pada cara untuk menyelesaikan masalah dalm kehidupan sehari-hari.
d.      Landasan filosofis pendidikan nsional artinya pendidikan harus dapat mengembangkan potensi dan membentuk watak peserta didik sehingga dapat menggambarkan kebribadian bangsanya.

             2. Landasan Psikologis
Terdapat dua jenis landasan yang digunakan untuk mengembangkan kurikulum dianataranya :
a.       Psikologi perkembangan
Studi yang mempelajari perkembangan manusia serta tingkah laku atau kecenderungan prilaku yang di alaminya.
b.      Psikologi belajar
Studi atau pendekatan yang mempelajari manusia melakukan proses belajar. Pada psikologi belajar, belajar di klasifikasi lagi menjadi beberapa point diantaranya belajar sebagai proses berkelanjutan, belajar merupakan pembentukan kepribadian, belajar dari pengalaman dll.

3.     3.   Landasan Sosiologis,  Ilmu pengetahuan dan Teknologi
      Landasan sosiologis dapat digolongkan menjadi dua untuk mengembangkan kurikulum diantaranya:
      a.  Kebudayaan dan kurikulum
Lembaga pendidikan mempunyai peranan sangat penting dalam membentuk karakter peserta didik disana dapat terjadi proses interaksi dengan lingkungan budaya sehingga peserta didik memperoleh pengalaman baru . Dalam mengembangkan kurikulum diperlukan memahami kebudayaan sebab kebudayaan merupakan penggambaran ide, pola-pola tingkah laku seseorang, cara berpikir, pengetahuan dan lain-lain.
      b.   Unsur masyarakat dan kurikulum
Kurikulum sebagai alat dalam pendidikan harus mampu menjawab tantangan-tantangan dari masyarakat. Maksudnya pendidikan dipersiapkan sebagai bekal peserta didik untuk hidup sesuai kondisi masyarakat yang semakin berkembang.
Perkembangan kurikulum juga tidak dapat terlepas dari pengaruh ilmu pengetahuan dan teknologi. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat mendorong dunia pendidikan untuk membekali para peserta didik agar dapat bertahan hidup berdampingan kemajuan teknologi yang semakin pesat. 

sumber: 
http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/196209061986011-AHMAD_MULYADIPRANA/PDF/Landasan_Kurikulum.pdf

You May Also Like

0 komentar